KPU: Arief Dimungkinkan Ganti Pasangan


HT, TANGERANG - Bakal calon (Balon) Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah masih memiliki peluang berganti pasangan, sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang pada 23-25 Juli 2013 mendatang. Lantaran pasangan Arief saat ini dalam keadaan sakit dan sempat mengalami stroke.
Hal itu dikatakan Ketua KPU Kota Tangerang Syafril Elain kepada wartawan. "Sesuai Peraturan KPU Nomor 9/2012 Tentang Pedoman Teknis Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasal 99 ayat 1 dan 2, balon walikota dan wakil walikota masih memungkinkan untuk mengangganti pasangan. Jika pasangannya berhalangan tetap," ujarnya.

Dijelaskannya, jika ada balon yang berhalangan tetap, maka partai politik (Parpol) atau gabungan parpol bisa mengusulkan penggantinya. hal itu bisa dilakukan sebelum masa penetapan calon dilakukan KPU. "Dan penggantian pasangan itu dilakukan tiga hari setelah salah satu balon dinyatakan berhalangan tetap.

"Pada 10 Juli 2013 lalu, tim pemenangan Arief-Sachrudin mengirimkan surat, untuk meminta pendapat KPU, mengenai kemungkinan pergantian pasangan. Dan kami sudah berikan penjelasan kepada mereka (tim pemenangan Arief-Sachrudin-red), bahwa sesuai aturan hal tersebut diperbolehkan," jelasnya.

Sementara ketika dihubungi terpisah, Ketua Tim Pemenangan pasangan Arief-Sachrudin, Dasep Sediana membenarkan jika pihaknya sempat melayangkan surat ke KPU Kota Tangerang untuk meminta pendapat terkait penggantin pasangan. "Hal itu kita lakukan sebagai langkah antisipasi dan langkah terakhir jika kondisi H Sachrudin (pasangan Arief-red), kondisinya tidak kunjung membaik," paparnya.

Dikatakannya, langkah itu juga dilakukan agar nantinya keputusan yang mereka ambil jika memang akan mengganti Sachrudin sebagai pasnagan Arief, tidak menyalahi aturan pilkada.

"Namun mengingat kondisi kesehatan Sachrudin yang kini semakin membaik, maka kemungkinan pergantian pasangan ini sangat sulit terealisasi. Hasil pemeriksaan dokter di RS Siloam, tempat Sachrudin dirawat, menyatakan Camat Pinang itu hanya membutuhkan waktu 3 hari untuk recovery," ujarnya.

Dasep juga menjelaskan, pihaknya juga sudah melayangkan surat ke tim dokter IDI Kota Tangerang, agar pemeriksaan terhadap Sachrudin bisa dijadwal ulang pada Jumat (19/7) dan mudah-mudahan tes kesehatannya bisa berjalan lancar. Dan kami sudah mendapat izin dari KPU dan tim dokter IDI Kota Tangerang," tambahnya.(frm)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait