Jus Sayur Sehat Ala Resto Telaga Seafood


Tidak sekedar mengedepankan citarasa nikmat dan lezat, namun, Resto Telaga Seafood juga mengutamakan menu makanan dan minuman sehat di daftar menunya. Sebut saja jus sayur, salah satu yang belum lama di ‘launching’ oleh Resto yang berlokasi di kawasan BSD, Kota Tangerang Selatan itu.
Perlu diketahui, sayuran adalah sumber makanan yang dipercaya baik untuk kesehatan. Karena, sayuran memiliki kandungan diantaranya; antioksidan, mineral, vitamin, yang kesemuanya itu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat menangkal radikal bebas.

Menurut pemilik Resto Telaga Seafood, Rully Susanto yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan, manusia dianjurkan untuk mengkonsumsi lima takaran sayur per harinya, agar tubuh tetap dalam kondisi sehat. Tetapi, untuk mengkonsumsi sayur tersebut bukanlah prihal mudah, khususnya bagi masyarakat yang tidak ‘doyan’ sayuran. Untuk itu, Rully berinisiatif membuat jus sayur, guna membantu masyarakat dalam mengkonsumsi sayur, tanpa harus bersusah payah ‘mengunyah’ sayur dalam porsi yang ditentukan.

Jus sayur ‘made in’ Telaga Seafood, lanjut Rully, memiliki komposisi yang berasal dari beberapa jenis sayuran. Seperti slada,   kangkung, brokoli, kalian, belimbing sayur serta jeruk nipis. Eit…ada satu lagi yang ketinggalan, ya..Chlorophyl.

“Slada yang memiliki kandungan mineral, vitamin, antioksidan, potassium, zat besi, folat, karoten, vitamin C dan E, sangat bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah putih dan sel darah merah dalam sususan sumsum tulang. Slada juga dipercaya, dapat mengurangi resiko terjadinya kanker dan tumor,” kata pria yang hobi bersepeda ini kepada wartawan.

Kangkung sendiri memiliki kandungan gizi seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B dan C, karoten dan asam amino. Dan, kangkung sangat bermanfaat sebagai obat tradisional anti penuaan, anti lupus dan anti Parkinson. Selain itu, kangkung juga dapat berfungsi sebagai obat untuk sembelit, keracunan makanan, mimisan serta sariawan. Kangkung juga bersifat anti racun, anti radang, dan dapat berfungsi sebagai peluruh kencing serta dapat menghentikan pendarahan.

“Pakar kesehatan Filiphina-Herminia de Guzman Ladion menyebutkan, kangkung merupakan tanaman penyembuh ajaib. Dan, dalam portal healtstone disebutkan, kangkung memiliki property obat tradisional anti penuaan, anti lupus dan anti Parkinson. Selain itu, kangkung bersifat anti racun, anti radang, peluruh kencing dan dapat menghentikan pendarahan,” ujar pria yang hobi automotif ini.

Brokoli yang terdapat dalam satu gelas jus sayur dan di banderol Rp 15 ribu ini, mengandung dua senyawa fitokemikal yang disebut indoles dan isothiocyanate. fitokemikal berfungsi meningkatkan aktivitas enzim yang berperan untuk menghancurkan agen karsinogenik. Brokoli mempunyai agen anti kanker seperti glucoraphanin, beta karoten, diindolylmethane, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, seng dan asam amino tertentu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.

“Brokoli ini, menurut dunia kesehatan, dapat berfungsi untuk melawan kanker, detoksifikasi, mencegah sembelit, menjaga kesehatan kulit, menyehatkan jantung dan tulang, perawatan mata, meningkatkan imunitas, mendukung kehamilan dan menjaga kadar gula serta mencegah anemia,” papar pria ramah ini.

Kailan sendiri, tambah Rully, akan memberi pasokan antioksidan betakaroten dan vitamin C untuk melawan penyakit degeneratif dan penuaan. Tubuh akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A yang baik untuk penglihatan, kulit yang sehat, dan daya tahan tubuh melawan infeksi. Cukup 100 gram sajian kailan mampu memenuhi 1/3 asupan vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

“Kandungan karotenoid atau zat pigmennya menjadikan sayuran berdaun hijau ini sebagai makanan yang paling ampuh untuk melawan kanker, selain sumber zat besi yang baik.

Makanlah bersama tomat atau makanan kaya vitmain C lainnya untuk mempercepat penyerapan zat besi. Kandungan nutrisi per 100 gram Kailan, mengandung 2,3 gram protein, 1,4 mg zat besi, 10.000 IU vitamin A, 140 mg vitamin C,” ungkapnya.

Pada belimbing wuluh, terkandung Glukosid, tannin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur dan kalium sitrat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, panu, obat sakit gigi dan gusi bengkak, melancarkan pencernaan, peluruh kencing, obat batuk rejan, diabetes, mengobati kelumpuhan.

Sementara, pada satu sendok Chlorophyl, memiliki komposisi dari sari daun Alfalfa yang mengandung Sodium, Copper, Chlorophyllin, Vitamin A, Vitamin B-compleks, Vitamin C, vitamin E, Kalsium, Magnesium, Pospor, Asam Amino, Alpha & Beta Carotine dan Universe Induced Energy atau UIE.

“Chlorophyl sama dengan satu kilogram sayur, memiliki manfaat untuk menyehatkan mulut, menghambat pertumbuhan bakteri, meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan membersihkan serta melancarkan darah, sebagai anti oksidan, anti kanker, menjaga keasaman dalam tubuh. Perlu di ketahui keasaman pada tubuh yang sehat dengan ph 7.3 – 7.4,” pungkasnya. (suc)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait