16/01/2014 16:32   Kota Tangerang     10 miliar lebih   kota tangerang   mobil damkar    
     

Kedatangannya Sempat Terlambat Mobil Baru Damkar Senilai Rp 10,5 Miliar Dipamerkan

Mobil milik Damkar Kota Tangerang saat dipamerkan di depan Gedung Puspemkot Tangerang

HT, KOTA TANGERANG-Setelah sempat dikabarkan kedatangannya terlambat lantaran ada persoalan dengan perizinan di Bea dan Cukai, serta proses pembayaran yang diduga mendahului kedatangan barang yang dipesan.
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang memamerkan mobil pemadam kebakaran (damkar-red) yang bernilai Rp 10,5 miliar.

Dalam pemaparannya Kepala Damkar Kota Tangerang Diding Iskandar menjelaskan, mobil pemadam kebakaran mempunyai keistimewaan tangga hidrolik yang diketahui buatan Eropa. Mobil pemadam baru itupun dipamerkan di halaman Gedung Puspemkot Tangerang yang disaksikan oleh Wakil Walikota Tangerang, H Sachrudin.

Seperti diketahui keistimewaan mobil tersebut, tangga hidrolik otomatis  dapat menjangkau gedung-gedung bertingkat tinggi. Mekanik mobil Pemdam kebakaran  Ahkam menyatakan, bahwa harga mobil pemadam kebakaran ini harga yang sebenarnya adalah Rp.14 miliar. Tetapi Kota Tangerang diberi harga relatif murah, namun kedepannya mobil tersebut tidak akan mendapat harga Rp10,5 miliar. “Baru Kota Tangerang di Indonesia yang memiliki mobil tangga yang ada liftnya seperti itu. mobil ini dilengkapi sensor otomatis,  apabila dengan jarak 1 meter ada tembok atau penghalang lainnya,  tangga tersebut berhenti dengan sendirinya untuk menghindari benturan,” kata Ahkam

Sedangkan kemampuan jarak semprot air mobil yang dilengkapi tangga itu mencapai 15 Bar untuk menjangkau semuanya. "Mobil ini bisa dioperasikan sebanyak tiga orang, satu berada ditangga atas, satu orang lagi berada di bawah mobil untuk mengevakuasi korban kebakaran, satu lagi pegemudi,” kata Ahkam.

Mobil yang  berbahan bakar solar itu juga  dilengkapi dengan dua stabilizer untuk penyanggah mobil untuk penyeimbang mobil tangga pemadam kebakaran. diwaktu bersamaan "Harapan saya mobil pemadam kebakaran yang baru ini bisa bermanfaat untuk masyarakat kota tangerang dan untuk petugas damkar agar lebih sigap untuk mengatasi kebakaran kebakaran yang bida kapan saja terjadi di Kota Tangerang,” kata Sachrudin.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Diding Iskandar mengatakan, bahwa mobil bertekhnologi tinggi yang dilengkapi dengan alat sensor tersebut mencapai jangkauan 44 meter.

"harga Rp10,5 miliar merupakan harga yang pantas menurut saya. karena mobil bertekhnologi tinggi ini dengan 21 standar, juga dilengkapi sensor otomatis, bisa berputar 30 derajat, dilengkapi elektrikal elektrikal juga sertifikat dan garansi 20 tahun. Jadi saya kira itu wajar melihat kegunaannya untuk kepentingan masyarakat pada saat musibah kebakaran, intinya saya tidak mau merugikan negara,” kata Diding.

Namun dibalik kecangihan mobil Damkar yang dipamerkan tersebut, sempat berhembus kabar jika pengadaan mobil tersebut menuai masalah, karena sampai dipenghujung tahun mobil tersebut tidak kunjung datang, karena ada permasalahan di Bea dan Cukai, sementara proses pembayarannya sudah dilakukan jauh sebelum mobil tersebut datang yaitu pada akhir bulan September 2013 lalu.  (fer/can)


16/01/2014 16:32   Kota Tangerang     10 miliar lebih   kota tangerang   mobil damkar    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait