17/02/2014 17:13   Bisnis     2014   cuaca   ekspor ikan   kkp   us$4 miliar   us$5 miliar    
     

2014, Ekspor Ikan Ditargetkan US$5 Miliar


HT,SERPONG-Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) menargetkan ekspor ikan pada 2014 ekspor mencapai sekitar US$5 miliar. Target ini naik satu miliar,dari 2013 yang hanya menargetkan US$4 miliar.
"Untuk mencapai target itu, pemerintah konsisten membangun jaringan dan dukungan dari pelaku usaha, pemerintah daerah, asosiasi, komisi hasil perikanan dan unit pengolahan ikan yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Direktur Jendral Perikanan Slamet Soebjakto dalam "Temu Koordinasi Teknis Pengendalian Residu Nasional 2014" di Hotel Grand Zuri, (17/02/2014).

Selain itu, kata Slamet, pemerintah juga akan menyesuaikan dengan kondisi bangsa lain terutama masa resesi (atau kekurungan pasokan ikan) Amerika dan dari Eropa. Karena daya beli masyarakat Eropa dan Amerika  akan berpengaruh  kepada negara lainnya terutama indonesia.

Salah satu strategi pemasaran hasil perikanan yang direkomendasikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) adalah tetap mempertahankan dan meningkatkan ekspor hasil perikanan Indonesia ke pasar utama atau pasar produktif.

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa, nilai ekspor Indonesia mencapai 63,19 persen tahun 2012 harus menjadi target utama.

Untuk pasar prospektif lainnya, yaitu Asia Tenggara dan Asia Timur menjadi prioritas berikutnya, di mana tahun 2012  nilai ekspor Indonesia mencapai 25,93 persen. Sementara pasar  konsumsi ikan di Bali baru mencapai 30 kilogram per kapita per tahun.

Slamet menambahkan, ada lima komoditas andalan di Indonesia yaitu tuna, kerapu, ikan hias lobster, dan rumput laut. Lima komoditas itu terus ditingkatkan potensi dan produksinya. Pemerintah juga terus membantu usaha di bidang lima komoditas tersebut.

Salah satunya program Pemberdayaan Usaha Minapolitan Pedesaa (PUMP). PUMP  meliputi PUMP Perikanan tangkap, budidaya, P2HP. Contohnya, lobster kelompok budiaya jaringnya rusak, bisa mengajukan PUMP ke pemerintah pusat. (win/ek)


17/02/2014 17:13   Bisnis     2014   cuaca   ekspor ikan   kkp   us$4 miliar   us$5 miliar    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait