11/02/2014 19:02   Kesehatan     ibu dan anak   kesehatan    
     

Turunkan Angka Kematian FOPKIA Peduli Kesehatan Ibu dan Anak

pembentukan FOPKIA

HT,CIKUPA – Akibat tingginya angka kematian ibu dan anak saat melahirkan di Kabupaten Tangerang. Sejumlah organisasi masyarakat membentuk forum peduli kesehatan ibu dan anak (FOPKIA).

Dari data yang didapat saat ini Provinsi Banten berada diperingkat ke lima tingkat kematian ibu dan bayi. Dari beberapa Kota/Kabupaten tercatat Kabupaten Tangerang tercatat jumlah kematiannya paling tinggi.”Dari data tersebut, kita bentuk FOPKIA ini, tujuannya agar bisa memberikan  penyuluhan kepada masyarakat,” kata Ketua FOPKIA Kabupaten Tangerang, Muhammad Kholid, kepada hariantangerang.com, Selasa, (11/02/2014)

 

FOPKIA dibentuk untuk terlibat langsung dalam menyadarkan masyarakat akan resiko kematian yang di timbulkan dari persalinan. Selain itu untuk mengurangi angka kematian bagi ibu dan anak, "Kita tidak akan pernah bosan untuk memberikan penyuluhan dengan turun langsung kemasyarakat,”jelasnya.

 

Ditambahkan Kholid FOPKIA ini merupakan salah satu wadah organisasi untuk mengadakan penyuluhan dengan melibatkan komponen ormas dan mahasiswa.” Ormas dan OKP yang tergabung diantarnaya MUI, FSPP, Muslimat NU, Fatayat NU, IMM, Pemuda Muhammadiyah, HIMATA, AP3I, PKK, PD Aisyiyah dan beberapa ormas lainya,” paparnya.

 

Tak hanya itu lanjut Kholid, forum yang di gagasnya ini akan melakukan penyuluhan dengan kapasitasnya di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan bagi MUI agar tidak henti-hentinya untuk memberikan pemahaman di setiap acara kerohanian. Demikian juga dengan organisasi lainnya, yang harus memberikan pemahaman kepada masyarakat.

 

"Dari data Dinkes Kabupaten Tangerang sendiri, kita ketahui pada 2013 lalu, angka kematian ibu dan anak saat melahirkan mencapai 200 orang lebih. Ini tugas kitga untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar bisa diminimalisir," terangnya.

 

Kadis Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Nani Isnaeni menyambut baik gagasan dari Forum Masyarakat ini. Tentu saja harus didukung karena tujuannya baik untuk masyarakat.”Saya harap dengan terbentuknya FOPKIA bisa bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk menurunkan angka kematian saat melahirkan di Kabupaten Tangerang,”tutupnya. (win/ek)


11/02/2014 19:02   Kesehatan     ibu dan anak   kesehatan    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait