20/02/2014 19:23   Otomotif     4000 unit   adm   amelia   atpm   otomotif   pasar mpv    
     

Dari Pasar MPV Yang Pasti, Xenia Punya Keunggulan


HT, JAKARTA–Meski tidak sehebat Avansa. Kelas Xenia tetap menjadikan pasar segmen mobil Low MPV cukup menarik perhatian konsumen. Banyak kompetitor melakukan manuver, yakni mengeluarkan produk baru hampir sekelas Xenia.

Namun  Xenia  tetap optimistis MPV andalan Daihatsu Xenia mampu menyalip yang lainnya. "Setiap produk pasti memiliki keuggulan masing-masing, kalau brand lain punya keunggulan xenia juga punya," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di Jakarta (20/2).

Dengan keunggulan itu, kata Amelia, sudah pasti  Daihatsu sangat bisa diandalkan untuk bersaing disegmen low MPV. "Brand lain mungkin tidak selega Daihatsu Xenia, meski mungkin klaimnya sama-sama lega," ungkapnya

Kelebihan lainnya, lanjut Amelian, Daihatsu Xenia masih tangguh dalam menaklukkan tanjakan, juga ketika harus stop and go dikemacetan. Pun begitu, dengan ground clearance yang tinggi, digdaya melibas banjir. 

Diakui atau tidak, pasar Low Multi Purpose Vehicle (mobil serba guna atau MPV) memang sangat besar. Boleh jadi, jenis mobil diprediksi bakal terus menjamur seiring dengan semakin banyak pemain. Besarnya pasar MPV nasional, semua pabrikan ingin memasuki segmen ini. "Penjualan Xenia masih normal. Dan pasar yang gemuk normal jika dimasuki ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) lain. Kalau saya jadi mereka, saya juga akan masuk. Normal di era pasar bebas seperti ini," terangnya 

Dirinya yakin, lanjut Amelia,  pasar MPV bonnet memang lebih digemari di Indonesia. "Karena ini pasar terbuka dan masyarakat lebih suka dengan bonnet (seperti MPV Xenia), wajar kalau banyak brand masuk kesana, dan juga mendapati manisnya kue MPV," 

Namun jika melihat penjualan bulan lalu Xenia mengalami penurunan, akan tetapi Daihatsu melihat itu hanya akibat adanya perluasan pasar dengan datangnya pemain baru. "Bulan lalu masih 4.000 lebih, memang ada penurunan. Tapi menurut kami, ini masih dalam tahap yang biasa saja. Karena memang banyak pilihan (model-model baru), dan kita harus adil untuk membagi bersama yang lain," pungkasnya. (ek)



20/02/2014 19:23   Otomotif     4000 unit   adm   amelia   atpm   otomotif   pasar mpv    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait