Honda Jamin Spare Part Tiger Hingga 7 Tahun


JAKARTA-PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan menjamin ketersediaan dan keberadaan spare part motor Honda Tiger hingga 7 tahun ke depan. Meski AHM resmi mengentikan produksi Tiger.
"Kami jamin suku cadang tiger akan tetap dipasok dalam 7 tahun ke depan," jelas Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya,  Senin, (17/03/2014)

Oleh karena itu, Margono menambahkan pemilik Honda Tiger yang baru membeli sepeda motornya 2013 lalu dan awal 2014 ini, maka tidak perlu khawatir atau cemas terkait pengumuman PT Astra Honda Motor (AHM) yang resmi menghentikan pemasaran Honda Tiger.

Menurut Margono, penghentian produksi Tiger ini  tidak terlalu banyak mempengaruhi kinerja pabrik AHM di Pulogadung. Alasannya, kapasitas Tiger hanya sekitar  1.000 unit per bulan. "Kapasitas produksi kami untuk tipe sport berkisar 500.000 unit per bulan. Tapi, jumlah ini masih bisa dinaikkan, tanpa harus menambah kapasitas produksi sampai 20%," ungkapnya.

Berdasarkan catatan hingga  11 Maret 2014, level stok Tiger lama yang masih tersedia di seluruh jaringan pemasaran Honda sudah tinggal sedikit hanya sekitar 975 unit. Dengan jumlah stok yang kecil, AHM mengaku tidak khawatir stok justru akan membebani pada akhirnya. "Justru dengan sisa stok yang ada konsumen banyak yang memburu. Tidak sampai sebulan, stok ini akan habis," beber Margono.

Diakkui Margono, AHM resmi menghentikan produksi dan pemasaran Tiger pada 2014. Makanya, tidak ada data penjualan (wholesale) dua bulan pertama tahun ini di data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia)

Seperti diketahui, komunitas dan penggemar sepeda motor sport berkapasitas 200 cc ini cukup  banyak. Bahkan sejak dipasarkan 1993-2013, Tiger sudah terjual 480.000 unit di seluruh Indonesia. Artinya, Tiger sudah dipasarkan selama dua dekade lebih, dan masih punya banyak peminat. "Ini masih dalam proses pertimbangan. Saya bilang, Tiger itu sudah menjadi model legendaris bagi Honda di Indonesia," beber Margono.

 AHM tengah melakukan penelitian mendalam untuk menyiapkan suksesor Tiger. Sesuai dengan akarnya, perusahaan penguasa pasar sepeda motor nasional ini akan menyesuaikan produk baru dengan karakter Tiger yang bertipe sport touring.

Menyinggung soal menyangkut rumor Honda menyiapkan GL230,  Margono masih belum mau membeberkan rencana itu. "Soal kapan waktunya, tunggu dulu. Pasti dinformasikan," imbuhnya. (ek)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait