Pemilih Muda Inginkan Sosok Pemimpin Jujur


HT, JAKARTA-Hasil survey Transparansi International Indonesia (TII) memprediksi pemilih muda serius mengikuti pemilu 2014 dengan lebih bersih. Namun sikap kejujuran menjadi karakteristik yang paling didambakan.
"Anak muda galau dengan sistem politik selama ini yang hanya menghasilkan korup. Munculnya karakter pemimpin jujur menjadi dambaan bagi pemilih," kata Peneliti TII,  Lia Toriana di Jakarta, Rabu, (26/03/2014).

Lebih jauh kata Lia, ada 9 karakter yang ditawarkan dalam penelitian ini, antara lain, 9,18 % responden memilih kejujuran; 6,88 % mampu memimpin; 6,44 % pintar; 6,38 % tegas; 6,14 % perhatian; 6,04 berwawasan luas; 5,58 taat beragama/religius; 4,29 mudah dimengerti; 2,66 berpenampilan menarik; dan 1,46 ganteng atau cantik.

"Pilihan prioritas pada karakter jujur ini sangat menarik," ucapnya sambil menjelaskan beberapa karakter lainnya. "Dari 10 kata sifat yang ditawarkan, kejujuran menduduki peringkat pertama mengalahkan karakter lainnya, terutama sosol yang ganteng atau cantik,"

Lia mengatakan keinginan responden muda untuk mendambakan sosok pemimpin bangsa yang jujur tercermin pada pertanyaan selanjutnya, yakni sebanyak 79 % responden merasa janji saat kampanye tidak atau kurang memiliki pengaruh.

Survei ini melibatkan 993 orang pemilih muda dengan batasan usia 17-21 tahun yang berada di 5 kotamadya di DKI Jakarta pada 9-22 Februari. Teknik yang digunakan adalah teknik sampling proportionate stratified random sampling dengan margin of error 2,3 %. (ek)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait