BSD Jual KDC Demi Modal Kerja


HT, JAKARTA-PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) melepas PT Karya Dutamas Cemerlang (KDC), kepada PT Ekacentra Usahamaju. Karena saat ini ada kebutuhan modal kerja untuk proyek lain.
"Transaksi jual beli saham KDC bertujuan untuk mendapatkan suntikan modal kerja untuk SMW. Saat ini SMW membutuhkan modal kerja untuk proyek pengembangan properti di Balikpapan," kata Direktur dan Sekretaris Perusahaan BSDE, Hermawan Wijaya, Kamis, (17/04/2014)

Menurut Hermawan, selama ini KDC bergerak dalam pengembangan kawasan industri di Karawang, Jawa Barat. Dalam hal ini, Ekacentra membeli seluruh saham KDC sebesar Rp 131,22 miliar. Artinya, SMW melepas seluruh saham ke Ekacentra. Sebelumnya, saham KDC dimiliki PT Sinar Mas Wisesa (SMW) sebanyak 119,99  juta saham (99%) dari modal yang ditempatkan dan disetor KDC. Adapun, perseroan memiliki 55% saham atas SMW.

Penjualan PT KDC sebenarnya lebih disebabkan, karena SMW belum memiliki rencana pengembangan dalam jangka pendek ini. Sehingga SMW  mengambil keputusan untuk menjual KDC ke salah satu pemegang saham BSDE, yakni PT Ekacentra Usahamaju. Seperti diketahui  Ekacentra sendiri, sebuah perusahaan properti yang memegang 25,27% saham BSDE.

Seperti diketahui, SMW tengah mengembangkan proyek properti residential di Balikpapan dengan luas lahan 200 - 220 hektare. Selain itu, anak perseroan ini juga memiliki cadangan lahan di Samarinda sekitar 180 hektare. Sementara, KDC memiliki lahan seluas 159 hektare.   (ek)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait