Geser Thailand TAM Prediksi Indonesia Basis Ekspor Sedan


HT,JAKARTA-Produsen otomotif nasional, Toyota Astra Motor agaknya berupaya keras mewujudkan cita-cita ingin menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor mobil, khususnya jenis sedan.
Dalam hal ini Toyota sudah mempeloporinya. Terutam ekspor sedan kecil yang banyak diminati konsumen. "Toyota kini sudah mulai mengekspor sedan kecil dari Indonesia, mulai merambah pasar utama. karena permintaan dunia itu mayoritas sedan,  bukan MPV," kata Mantan orang nomor satu PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan,Jumat, (4/04/2014).

Pada 2013 lalu, kata Jhony, Toyota mencatatkan diri sebagai eksportir mobil terbesar di Indonesia sebanyak 120.000 unit atau 70% dari total ekspor yang mencapai 160.000 unit.

Menurut Jhony, Toyota mulai menganggap Indonesia sebagai negara utama di Asia Tenggara, meskipun tidak akan melupakan Thailand sebagai salah satu basis produksi juga. "Karakter Toyota memang seperti itu, mereka tidak akan melupakan jasa-jasa Thailand yang sempat dijuluki Detroit di Asia Tenggara," ujarnya

Lebih jauh Johnny memprediksi, pasar otomotif nasional bisa tembus 2 juta unit dalam jangka waktu yang tak begitu lama.

Namun, pertumbuhan penjualan sangat bergantung dari keinginan pemerintah memperkuat infrastruktur penunjang, seperti listrik, jalan, dan pelabuhan.

"Saya yakin 2 juta unit akan tercapai di 2017 atau kalau mau lebih hati-hati 2018, yang pasti di bawah 2020,' paparnya

Kunci pertumbuhan pesat otomotif di satu negara, adalah dengan mulai ditunjuk sebagai basis produksi oleh prinsipal otomotif. Toyota sebagai pemimpin pasar sudah melakukan itu, jelasnya, kemudian diikuti merek lain yang berbondong-bondong masuk ke Indonesia. "Pada 2025, Indonesia akan menjadi negara dengan usia produktif terbesar, potensinya mencapai 150 juta jiwa dan kunci menuju itu sudah terbuka (jadi basis produksi)," imbuhnya. (ek)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait