09/08/2014 23:22   Lifestyle     baca   buku    
     

Gemar Membaca? Ini Dia 11 Manfaat Pentingnya

ilustrasi

HT, JAKARTA—Buku adalah jendela dunia dan membangun kebiasaan membaca merupakan sesuatu yang mulai hilang pada masa kini.
Terlebih masa kini hidup menjadi lebih mudah dengan kehadiran internet. Kesibukan juga menjadi salah satu alasan untuk tidak membaca.

Membaca buku walaupun terlihat seperti sebuah kegiatan yang kuno dan membosankan memiliki beragam manfaat. Dengan membaca, tidak hanya membuat Anda terlihat lebih cerdas, tapi juga membuat anda menjadi orang yang menyenangkan dan lebih bahagia.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus membaca buku:

1. Membuat Anda lebih empati

Dalam pidato pembukaan Kenyon College seperti yang ditulis di Cosmopolitan, David Foster Wallace, menyatakan membaca buku dapat membuat seseorang menjadi lebih ramah dan memiliki rasa empati yang lebih.

Ketika Anda membaca, Anda akan membayangkan diri Anda dalam kehidupan tokoh yang ada dalam bacaan. Penokohan yang berbeda-beda dari tiap bacaan Anda, membuat Anda lebih dapat merasakan jika menjadi seseorang yang berkarakter dan mendapat konflik seperti dalam buku. Inilah yang membuat Anda lebih memiliki rasa empati. Rasa empati membuat Anda menjadi teman yang lebih baik, orang yang lebih dicintai, saudara, karyawan, dan orang yang lebih baik dalam segala hal.

2. Membuat Anda lebih berkonsentrasi

Memulai membaca merupakan sesuatu yang sangat sulit. Biasanya konsentrasi masih terpecah diawal bacaan, tapi jika Anda sudah larut dalam buku yang Anda baca, Anda akan menjadi sangat konsentrasi dengan apa yang Anda baca.

Membaca buku sangat berbeda dengan membaca timeline twitter, news feed facebook, dan komentar-komentar pada status Anda. Membaca di media sosial seringkali membuat Anda kurang konsentrasi dan cenderung melompat-lompat membaca karena bacaan baru dengan sekejap sudah muncul di dunia maya.

3. Membuat Anda menyenangkan untuk diajak ngobrol

Dengan membaca, begitu banyak informasi dan wawasan yang Anda dapat sehingga Anda tidak akan habis bahan obrolan.Selalu ada topik yang dapat Anda bicarakan dari apa yang selama ini Anda baca.

4. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Secara tidak langsung dengan membaca, Anda dapat mengenali penulisan dan tata bahasa yang benar karena terbiasa. Kesalahan penulisan seringkali terjadi bukan karena kesalahan ketik semata, tapi bisa jadi karena tidak tahu penulisan yang benar.

5. Membantu anda untuk rileks

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk rileks dan mengurangi stress seperti bermain, berolahraga, dan menarik napas dalam-dalam. Itu semua tidak salah dan memang dapat mengurangi stress. Namun, penelitian neuropsikologis University of Sussex menyatakan bahwa membaca buku dapat membuat anda lebih rileks. Enam menit Anda membaca, sudah mengurangi stress sebanyak 68%.

6. Membuat Anda lebih baik dalam matematika

The Guardian, kelompok studi di Inggris, menemukan anak-anak yang senang membaca secara umum memiliki nilai akademis yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak suka membaca.

Tidak hanya dalam mata pelajaran tertentu, tapi juga pada mata pelajaran matematika. Jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki orangtua dengan tingkat intelejensi yang tinggi atau orangtua dengan gelar akademis yang tinggi.

7. Menjaga otak tetap sehat dan mecegah penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Untuk mengurangi risiko

penyakit tersebut, selain gaya hidup sehat, otak secara teratur harus melakukan aktifitas. Hal yang sangat mudah dilakukan adalah dengan membaca.

Selain itu, sebuah publikasi akademis di bidang Neurologi menyatakan aktifitas membaca dapat mengurangi penurunan kemampuan kognisi seseorang yang diakibatkan oleh usia.

8. Meningkatkan wawasan

Membaca adalah jendela dunia merupakan pepatah yang dapat menggambarkan bagaimana buku dapat meningkatkan wawasan kita. Dengan membaca buku, Anda dapat mengetahui beragam kondisi, situasi, dan kebudayaan dari berbagai tempat.

9. Menemukan hal yang menyenangkan

Membaca beragam bacaan dan buku membuat Anda menemukan banyak hal. Tidak hanya informasi, cerita, atau inspirasi di dalamnya, tapi bisa jadi Anda menemukan penulis favorit Anda dari bacaan yang Anda baca.

10. Membaca situasi

Membaca membuat Anda mengetahui beragam situasi yang dihadirkan penulis melalui buku yang ditulisnya. Berbagai situasi yang Anda baca beserta dengan alur kisah didalamnya membuat otak Anda dapat berfikir dan memprediksi keadaan dengan lebih baik karena berkaca dengan situasi yang ada dalam bacaan Anda.

11. Membaca meningkatkan kesejahteraan hidup

Ada berbagai pemberitaan mengenai angka melek huruf yang berkorelasi dengan kesejahteraan suatu bangsa. Tingkat melek huruf yang tinggi menandakan orang-orang yang berada disana suka membaca dan memiliki pengetahuan yang baik.

Demikian juga sebaliknya jika angka melek huruf yang rendah. Tingkat pendidikan dan pengetahuan yang baik membuat orang-orang di negara tersebut lebih produktif dalam bekerja dan menghasilkan banyak hal yang berguna.(k24/can)


09/08/2014 23:22   Lifestyle     baca   buku    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait