06/10/2014 19:57   Lifestyle     kelelahan kerja    
     

TIPS KERJA: Cegah Kelelahan di Kantor dengan 5 Cara Ini

ilustrasi

HT, JAKARTA- Beban pekerjaan yang banyak, jika dilakukan secara terus-menerus dapat menyebabkan rasa lelah. Tidak hanya lelah secara fisik, namun juga secara mental.
Untuk mencegah rasa kelelahan saat bekerja di kantor, coba ikuti beberapa tips berikut.

1. Evaluasi tanggung jawab

Coba lakukan evaluasi seputar tanggung jawab pekerjaan Anda, apakah selama ini Anda sudah bekerja sesuai deskripsi kerja sebenarnya atau malah justru melakukan pekerjaan yang bukan tugas Anda. Cari tahu juga pekerjaan apa yang paling membuat Anda merasa lelah, agar selanjutnya bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

2. Buat rutinitas lebih bervariasi

Biasanya rutinitas yang sama secara terus-menerus akan membuat Anda jenuh dan lelah. Karena itu cobalah membuat variasi dalam pekerjaan Anda sehari-hari. Misalnya, jika Anda terbiasa melakukan pekerjaan yang mudah di awal, coba lakukan kebalikannya dengan mengerjakan tugas yang lebih sulit lebih dulu. Sehingga di akhir hari bekerja, tugas Anda akan terasa lebih mudah.

3. Ambil waktu istirahat

Selalu ambil waktu sejenak untuk mengistirahatkan pikiran Anda. Jauhkan diri dari komputer untuk sementara dan istirahatkan mata Anda. Jika memungkinkan, pergi ke luar ruangan untuk menikmati udara di luar setelah seharian berada di ruangan ber-AC.

4. Cari peluang lain

Coba bicarakan dengan atasan Anda, apakah ada kemungkinan untuk dipindahkan ke divisi lain, yang kira-kira lebih sesuai. Jika tidak bisa, maka Anda mungkin bisa mendiskusikan tentang pendelegasian kerja yang lebih seimbang.

5. Pindah kerja, jika semua cara tak berhasil

Apabila semua cara tidak berhasil, mungkin satu-satunya cara adalah pindah dari pekerjaan saat ini. Coba cari pekerjaan baru dengan bidang yang benar-benar Anda minati. Sebelum akhirnya masuk ke kantor baru, sebaiknya ambil waktu beberapa minggu untuk berlibur dan menyegarkan pikiran. (K24/can)


06/10/2014 19:57   Lifestyle     kelelahan kerja    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months