08/03/2015 03:03   Lifestyle     jujur   kiat   melatih   sikecil bicara    
     

Kiat Melatih si-Kecil Bicara Jujur

ilustrasi

MAYORITAS orangtua pasti akan merasa khawatir jika si kecil mulai belajar berbohong. Apalagi dengan alasan yang mengada-ada, demi terhindar dari masalah atau hanya untuk mendapatkan perhatian dari teman sebayanya.
Berikut kiat-kiat yang bisa diterapkan untuk mencegah berbohong jadi kebiasaan, seperti dikutip dari Dicipline Expert, Sabtu (07/03/2015).

1. Tetapkan Aturan Untuk Ceritakan Kebenaran

Anda bisa memulai dengan membuat aturan  yang jelas tentang pentingnya berkata jujur. Hal ini untuk mendasari anak Anda tentang pentingnya nilai-nilai kejujuran.

2. Jadilah Panutan Bagi si-Kecil

Jadilah seorang pribadi seperti yang Anda harapkan pada anak Anda. Ingat, orangtua adalah figur utama bagi anak dalam berperilaku.

3. Bantu pemahaman si-Kecil

Anak yang lebih kecil mungkin membutuhkan bantuan untuk memahami waktu yang tepat untuk mengungkapkan kejujuran. Misalnya, Anda pasti tidak ingin jika anak mengatakan ‘bajumu jelek sekali’ kepada temannya secara terang-terangan. Membantu anak memahami hal ini akan berdampak positif pada kehidupan sosialnya kelak.

4. Bedakan Alasan si-Kecil berbohong

Ada tiga alasan utama anak-anak berbohong; berkhayal, membanggakan diri, atau untuk mencegah konsekuensi negatif. Dengan membedakannya, Anda dapat menanggapinya dengan cara tepat. Jika seorang anak berbohong untuk membanggakan diri, mungkin saja ini karena ia memiliki kepercayaan diri rendah atau ingin mendapatkan perhatian.

5. Berikan Peringatan

Jika terbukti si kecil benar-benar berkata bohong, berilah peringatan dengan mengatakan, “Ibu memberimu kesempatan untuk berkata apa yang sebenarnya terjadi. Jika diulangi lagi, maka ibu akan memberikanmu sanksi.”

(net/frm)


08/03/2015 03:03   Lifestyle     jujur   kiat   melatih   sikecil bicara    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait