05/03/2015 02:59   Lifestyle     diabetes   mengenali   sejak dini   tanda - tanda    
     

Mengenali Tanda -Tanda Diabetes Sejak Dini

ikustrasi

GEJALA penyakit diabetes sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Biasanya penderita diabetes itu sering haus dan mati rasa di tangan dan kaki. Namun, kebanyakan orang sangat mudah mengabaikan gejala-gejala penyakit ini.
Contohnya, kenaikan kadar gula darah lebih dari normal, yang tidak sesaat, tidak membuat anda segera memutuskan untuk pulang kerja dan menemui dokter. Namun, secara tidak disadari hal ini dapat mempengaruhi kualitas hidup anda. 

    Menyadari serta mengetahui gejala diabetes sejak dini ditambah dengan melakukan cek kesehatan secara rutin, merupakan langkah tepat yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit ini semakin bertambah parah. 

BERIKUT ADALAH PERINGATAN KESEHATAN YANG PERLU ANDA PERHATIKAN

Sering bangun di malam hari untuk kencing 

    

“Jika empat bulan lalu Anda terbangun sekali dalam semalam untuk buang air kecil dan sekarang menjadi lebih sering, itu peringatan bahwa Anda harus segera cek kesehatan,” kata Dr Andrew Bremer dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, seperti dikutip dari Menshealth, Selasa (03/03/2015).

Bercak gelap di leher, siku lengan, dan lutut

Kulit Anda nampak kusam dan terlihat bercak gelap, namun seberapa keras Anda menggosoknya, bercak tersebut tidak juga menghilang. Resistensi insulin bisa menyebabkan kondisi yang disebut acanthosis nigricans, yang dapat muncul selama pra-diabetes. Bercak gelap seperti itu dapat muncul di sekitar leher, siku, dan lutut Anda. Sesaat glukosa dalam darah Anda mulai di bawah kontrol, bercak gelap akan perlahan memudar.

Kesulitan membaca

Kadar gula darah tinggi dapat membuat pembuluh darah di retina Anda rusak, sehingga mengaburkan pandangan pada satu atau kedua mata. Kondisi yang disebut retinopati diabetik ini diketahui dapat terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Faktanya, hampir delapan persen orang dengan kondisi pra-diabetes mengalami retinopati diabetik. Sambil terus mengontrol gula darah Anda, temui dokter mata (optometrist) setidaknya sekali setahun untuk pemeriksaan mata.

Celana Anda mulai longgar

Normalnya, Anda yang merasa memiliki lingkar perut besar akan merasa senang bila celana Anda mulai longgar. Namun, penurunan berat badan yang tidak jelas bisa menjadi sinyal diabetes juga. Kondisi diabetes akan membuat kalori tidak digunakan efektif untuk pembakaran, nutrisi tubuh yang seharusnya dimanfaatkan justru terbuang melalui urin Anda.

Tekanan darah naik

Bila tekanan darah yang Anda periksa terakhir berada pada angka 140/90mmHG ke atas, Anda bisa dikategorikan mengalami tekanan darah tinggi. Dengan kondisi tersebut, risiko tubuh untuk mengembangkan diabetes pun meningkat. (net/frm)


05/03/2015 02:59   Lifestyle     diabetes   mengenali   sejak dini   tanda - tanda    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months