Kenaikan Sembako 15%, Pemkab Bakal Operasi Pasar

ilustrasi

HT, KELAPA DUA - Pemkab Tangerang akan terus melakukan operasi pasar jika harga sembako trs mengalami kenaikan hingga di atas 15 persen. Sehingga diharapkan dapat menekan kenaikan harga di Kabupaten Tangerang.
Hal itu dikatakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat melakukan sidak bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang di pasar tradisional Kelapa Dua dan Pasar Modern Summarecon Serpong.

Dari sidak tersebut ditemukan kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok seperti daging sapi yang kini mencapai harga Rp 110 ribu – 120 ribu/kg, dari harga semula yang mencapai Rp 95 ribu/kg.

“Untuk mengantisipasi kenaikan harga pada bulan suci Ramadhan, pemerintah pusat harus berupaya menekan harga agar lebih terjangkau. Harga daging lumanyan tinggi dari Rp 95 ribu/kg kini mencapai Rp 120/kg. Ini yang harus diantisipasi. Mungkin dengan impor, apalagi saat puasa pasti semua harga melonjak,” katanya.

Menurutnya, harga ayam potong dan ikan saat ini masih terjangkau, sehingga dapat menjadi alternatif warga yang mengkonsumsi daging.

"Harga sembako lainnya sampai saat ini ini masih terjamin. Dan stok aman mudah-mudahan bisa sampai lebaran,” ujarnya.

Ditambahkan Zaki, untuk mengantisapasi kenaikan harga bahan pokok, pihaknya telah melakukan operasi pasar murah di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Tangerang. “Jika kenaikan harga telah diatas 15 persen maka kita akan operasi pasar," ungkapnya.

Sementara menurut Rudi, pedagang ayam potong, kenaikan harga ayam potong sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Untuk ayam negeri potong yang tadinya Rp 28 ribu menjadi Rp 33 ribu/kg. "Harga kita ikut suplier aja. Kayaknya kenaikan harga bakal terus naik dari puasa hingga lebaran nanti,” ujarnya. (ali)


Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait