SMA Tangerang Bakal Miliki Kurikulum Enterpreneurship

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.(net)

HT, TANGERANG - Kurikulum enterpreneutship bakal dimasukkan dalam mata pelajaran seluruh SMA dan SMK di Kota Tangerang di Kota Tangerang. Kurikulum tersebut lebih ke workshop, karena harus lebih aplikatif.

Hal itu dikatakan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, Rabu (3/2/2016). "Pemkot Tangerang akan fokus dengan program entrepreneurship. Karena hal itu merupakan solusi tepat mengatasi pengangguran di Kota Tangerang," katanya.

Dengan adanya kurikulum tentang kewirausahaan di sekolah itu, selain untuk mengurangi pengangguran, juga untuk mendorong masyarakat untuk mempunyai daya saing dan kemandirian. Terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

"Bahkan nanti di sekolah-sekolah SMA dan SMK kita bikin materi kewirausahaan, tapi sifatnya lebih ke workhsop, karena harus lebih aplikatif," jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga meminta peran media massa untuk bisa memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat, terkait dorongan implementasi program tersebut.

"Media kita harapkan mampu memberikan informasi yang benar terkait bidang enterpreneurship. Lantaran pola pikir masyarakat hingga saat ini setelah selesai sekolah atau kuliah, ingin mencari kerja bukan menciptakan pekerjaan," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Arief juga mencotohkan seorang atlet anggar yang kuliah sambil berjualan krupuk. Bahkan omsetnya mencapai Rp 1,5 juta perbulan. "Luar biasa itu," ujarnya.

Selain, tambah Arif, pihaknya juga ingin menjadikan Kota Tangerang sebagai tujuan wisata bisnis. Yakni dengan memaksimalkan potensi yang ada. Karena menurutnya, wisata itu tidak hanya tentang menikmati pemandangan.

"Ambil contoh, kita bisa menjadikan Kota Tangerang sebagai kota wisata belanja. Karena banyak pusat perbelanjaan, atau kita bisa jadikan wisata bisnis karena banyak industri sekaligus juga ditunjang infrastruktur yang baik," tukasnya. (btr)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait