HUT PKK Kabupaten Tangerang ke 44 Gelar Teaterikal KDRT

Sejumlah ibu-ibu PKK saat menampilkan teatrikal KDRT saat perayaan HUT PKK Kabupaten Tangerang ke 44 dii Summarecon Mall Serpong. (dw)

HT, KELAPA DUA - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang menggelar HUT ke 44 di Summarecon Mall Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/4/3016). Berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan acara tersebut, salah satunya teater Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Dalam teater tersebut, perwakilan PKK dari tiga Kecamatan memperagakan peristiwa KDRT yang kerap terjadi. Namun dibalut dengan peran lucu hingga mengundang tawa para peserta PKK.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang, Yuli Zaki Iskandar, mengatakan, teater ini bertujuan untuk mensosialisasikan penanganan dan pencegahan KDRT dengan cara yang lebih menarik. Mengingat cukup banyak kasus KDRT di Kabupaten Tangerang.

"Jadi kita menampilkan hiburan sambil sosialisasi untuk mencegah kasus KDRT. Hal ini sering terjadi pada wanita dan anak-anak," katanya.

Menurut istri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar itu, pihaknya masih kesulitan menangani kasus KDRT karena pelaku kebanyakan orang dekat korban. Hal itu membuat korban malu dan takut melaporkannya. "Nah kalau tidak dilaporkan bagaimana kita bisa membantu," katanya.

Untuk langkah pencegahan KDRT sendiri, PKK Kabupaten Tangerang menyiapkan Pos Curhat di 29 Kecamatan. Pos tersebut bekerjasama dengan pihak kepolisian, kejaksaan dan rumah sakit. "Jadi kita bisa melakukan pendampingan hukum dan visum," katanya.

Yuli menambahkan, saat ini jumlah kader PKK di Kabupaten Tangerang ada sebanyak 14 ribu orang. Jumlah tersebut terus berkembang dari tahun ke tahun.

"Karena kita mitra kerja pemerintah, jadi apapun progran penerintah, kita ikut andil. PKK punya 4 pokja di bidang kesehatan, pendidikan, keterampinan," jelasnya.

Sementara Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, yang hadir dalam acara ini berharap agar momentum HUT ke 44 ini dijadikan motivasi dan lebih giat oleh PKK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, demi pencapaian pembangunan di Kabupaten Tangerang.

"Kiprah serta pengabdian ibu-ibu PKK ini diharapkan dapat ditingkatkan dengan berbagai program," papar Zaki. (dw)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait