Peringati Hari Bumi, Siswa SDN Tanah Tinggi Buat Kompos

Sejumlah siswa SDN 1 Tanah Tinggi, Kota Tangerang saat menanam tumbuhan sayur mayur di sekolah.(ali)

HT, TANGERANG - Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh 22 April, Siswa di SDN Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang, membuat pupuk kompos dari daun kering yang ada di sekolah mereka. Selain itu, para siswa juga memanfaatkan lahan kosong di area sekolah mereka untuk berkebun dengan menanam sayur mayur.

Kepala Sekolah SDN Tanah Tinggi 1, Yeti Sulistiyawati, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengajarkan kepada para peserta didik untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

"Anak-anak tidak boleh membungkus makanan yang dibawa dari rumah dengan plastik, tetapi menggunakan tempat makan," ujarnya.

Dikatakannya, pada peringatan kali ini para siswa juga diajak untuk terbiasa mengkonsumsi makanan lokal.

"Kita gelar lomba dari non beras, jadi kita lombakan buah-buahan dan sayuran, dari kegiatan yang ada semuanya berjalan terutama pembuatan kompos," jelasnya.

Sementara itu Seva, salah seorang siswa kelas VI mengaku, pembuatan kompos dilakukan untuk menjaga lingkungan sekolah tetap bersih dan tidak ada lagi serakan sampah. 

"Iya, kami buat kompos pupuk dari daun kering yang ada di sekitar sekolah. Daun-daun yang kering itu kemudian dipotong-potong hingga halus. Kemudian kita haluskan dengan gula merah yang sudah di campur air, dan dimasukan ke dalam drum kompresor. Kita tunggu hasilnya menjadi pupuk selama tiga bulan," paparnya. (ali)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months