Peningkatan Jalan 2016, DBMSDA Anggarkan Rp 128 M


HT, TANGERANG - Pada tahun anggaran 2016, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang, dalam hal pelayanan masyarakat di bidang infrastruktur jalan dan jembatan telah menganggarkan lebih kurang Rp128 milyar dalam penyediaan sarana dan prasarana yang penting bagi masyarakat Kota Tangerang.

Alokasi untuk infrastruktur jalan sebesar Rp55 milyar untuk 32 lokasi kegiatan peningkatan jalan dan infrastruktur jembatan sebesar Rp72 milyar untuk delapan lokasi jembatan. Diharapkan nantinya para pengguna jalan, baik pengguna jalan motorized maupun non-motorized, memperoleh infrastruktur penunjang yang aman, nyaman dan berkeselamatan.

“Peningkatan jalan Kota terus berkesinambungan dilakukan. Hal ini mengingat tingginya tingkat pertumbuhan penduduk Kota Tangerang pertahun pada umumnya dan masyarakat pengguna jalan serta pertumbuhan jumlah kendaraan pada khususnya. Peningkatan jumlah penduduk ini harus diimbangi dengan peningkatan di bidang infrastruktur yang cukup signifikan baik kualitas maupun kuantitasnya,” terang Nana Tisyana, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang.

Dijelaskan, peningkatan jalan secara umum yakni, peningkatan dari yang semula perkerasan jalan aspal menjadi perkerasan beton. Pemilihan tipe struktur beton ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan tonase atau beban jalan yang tiap tahun makin bertambah dan kemampuan struktur beton untuk lebih tahan terhadap banjir.

“Tidak bisa dihindari bahwa setiap kegitan peningkatan jalan kota, menimbulkan dampak kemacetan selama masa konstruksi. Karena itu, peningkatan jalan yang dilakukan oleh DBMSDA mulai mengaplikasian beton cepat, yakni beton yang mempunyai kemampuan optimum setelah 3 hari, berbeda dengan beton konvensional yang berumur 28 hari. Memang tidak semua lokasi dapat diaplikasikan beton cepat ini, mengingat efisiensi dan efektivitas anggaran di bidang infrastruktur jalan,” tuturnya.

Ditambahkan Sekdis DBMSDA Kota Tangerang, Hery, pembangunan trotoar di sejumlah lokasi di Kota Tangerang juga mendapat perhatian DBMSDA Kota Tangerang. Orientasi penyediaan sarana prasarana adalah untuk para pejalan kaki dengan ruang mobilitas yang lebih lebar dan lebih nyaman.

“Peninggian beberapa jembatan seperti jembatan Jalan Siliwangi dan Jembatan Mohammad Toha (Albumindo), dilakukan untuk mengatasi terputusnya pergerakan pengguna jalan. Hal itu akibat banjir dan menunjang program bidang Sumber Daya Air untuk penanggulangan banjir,” ungkapnya. (adv)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait