Bareskrim Musnahkan 1.663 Kg Ganja di Bandara Soetta

Barang bukti ribuan kilogram ganja yang dimusnahkan petugas Bareskrim di Bandara Soetta.(ali)

HT, BANDARA - Direktorat Narkoba Bareskrim Mabes Polri kembali melakukan pemusnahan barang bukti ganja seberat 1.663 kg di Garbage Plants, Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya barang bukti tersebut akan di edarkan di wilayah Jabodetabek seperti Tangerang, Bogor dan Depok.

Kabid Penum Mabes Polri, Kombes Martin Sitompul, mengatakan, dari pengungkapan kasus tersebut pihaknya juga turut mengamankan 11 tersangka pengedar di wilayah Jabodetabek.

"Ke 11 orang tersangka tersebut mempunyai peran masing-masing seperti mengirimkan hingga yang menampung barang bukti tersebut. Dari pengungkapan itu para tersangka kami tangkap di 3 TKP yang berbeda," ujarnya.

Ditambahkan, Kasubdit V Dit Narkoba Bereskrim Mabes Polri, Kombes Albert, pengungkapan tersebut berawal dari adanya informasi tentang sebuah truk Fuso yang mengangkut sebanyak 1.663 kg ganja kering melalui jalur lalu lintas Sumatera-Jakarta.

"Awalnya kami menghentikan sebuah truk fuso di depan Polres Tulang Bawang, Lampung. Saat itu truk dikemudikan Alfian Is dengan kernet Zulkifli yang mengaku mendapatkan perintah dari salah seorang bernama Zulkiran. Saat itu kami mengamankan barang bukti yang disamarkan dengan bungkusan warna cokelat dan ditimpa dengan tumpukan kardus bekas," katanya.

Pihaknya melakukan pengembangan  ke pom bensin di wilayah Balaraja, Kabupaten Tangerang. Lokasi itu diduga menjadi titik temu para tersangka untuk membagikan jatah ganja untuk diedarkan.

"Tim berhasil menangkap tersangka lainnya berturut-turut. Tersangka Syahrial yang bertugas menjemput truk tersebut akan menerima ganja sebanyak 300 kg. Kemudian tersangka Rohman dan Akbar akan menerima ganja sebanyak 100 kg. Tidak hanya itu, tersangka lainnya yaitu Ruki dan Dicky akan menerima ganja 200 kg, Fachry, Seno, dan Sony akan menerima ganja 400 kg dan Indra 60 kg ganja," jelasnya

Atas perbuatannya, para tersangka akan dijerat Pasal 114 dan 132 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup. (ali)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait