09/11/2016 22:02   Pendidikan     advertorial   imso 2016   presiden joko widodo    
     

Presiden Joko Widodo Buka Kompetisi IMSO 2016 di Kota Tangerang

Presiden Joko Widodo saat membuka IMSO 2016 di Kota Tangerang.(ali)

HT, TANGERANG - Presiden RI Joko Widodo menghadiri sekaligus membuka perlombaan International Mathematice Science Olympiad (IMSO) 2016, yang diikuti sebanyak 22 negara di Hotel Allium, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (9/11/2016).

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengaku bangga dengan adanya kompetisi IMSO. Dengan kompetisi tersebut menjadikan suatu kemajuan dan kemakmuran manusia di dunia.

"Saya sangat bangga untuk melihat anak-anak muda yang merupakan bibit-bibit calon pakar matematika dan para sains dunia yang mengikuti IMSO ini. Karena pakar matematika dan sains adalah kerangka utama kemajuan dan inovasi," ujarnya.

Selain itu, tambah dia, dengan adanya kegiatan tersebut dirinya meminta kepada para legasi yang terdiri dari 22 negara dapat saling bertukar pikiran, bertukar ilmu, bertukar pengetahuan. Sehingga dapat bermanfaat bagi kebaikan serta memperkuat rasa percaya diri dengan semangat untuk berbagi ilmu antara delegasi.

"Ilmu yang didapat, pertama jangan hanya disimpan di kepala kita masing-masing. Jangan hanya pintar untuk diri sendiri dan jangan pula untuk kekayaan pribadi. Memang IMSO ada perebutan medali, tetapi yang lebih penting setelah pulang dari sini harus mempuyai peran  dan mempunyai pengetahuan yang makin luas. Saya juga minta agar kompetisi ini juga bisa menjadikan kompetisi yang positif dan menjunjung tinggi sportifitas," paparnya.

Sementara Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, agar kegiatan tersebut mendapat dukungan dari masyarakat sehingga bisa berjalan dengan baik. Dan diharapkan bisa menjadi semangat bagi anak-anak dalam mengikuti kejuaran IMSO.

"Tadi sudah dibuka dengan bapak Presiden, mudah-mudahan kegiatannya berjalan dengan lancar hingga Sabtu nanti. Mudah-mudahan menjadi semangat bagi anak-anak kita yang mengikuti IMSO. Sehingga mereka juga dapat memacu keilmuannya, khususnya di bidang matematika dan sains, agar bisa bersaing dengan negara-negara lain," katanya.

Walikota juga berharap dengan kegiatan ini para peserta bukan hanya berkompetisi, tetapi bisa memperkenalkan budaya dan pengetahuan wawasan. Sehingga mereka bisa sharing dan bertukar ilmu. Dan dengan kompetisi ini mereka bisa menjalin persahabatan dengan peserta yang berasal dari negara lain.

Dijelaskan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman, jumlah peserta yang mengikuti kejuaran tersebut sebanyak 431 peserta yang berasal dari 22 negara.

"Sebetulnya dalam kejuaran ini ada 23 negara, namun karena kondisi keaungan di negara Senegal sedang kurang baik. Maka negara tersebut tidak mengirimkan pesertanya dalam ajang internasional ini," jelasnya. 

Untuk diketahui, IMSO sendiri merupakan lomba matematika dan IPA bertaraf internasional untuk siswa-siswi sekolah dasar dengan peserta yang berasal dari berbagai negara di dunia. Masing-masing negara mengirimkan delegasinya untuk mendapatkan medali emas, perak, atau perunggu dalam bidang matematika dan IPA. (adv)



09/11/2016 22:02   Pendidikan     advertorial   imso 2016   presiden joko widodo    
     

Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait