Pemkot Tangerang Gratiskan SPP Siswa Maksimal Rp 105 Ribu/Bulan

Kadindik Kota Tangerang, Abduh Surahman.(net)

HT, TANGERANG - Biaya gratis bagi siswa SMP dan SD baik negeri maupun swasta di Kota Tangerang, diberikan kepada siswa yang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) sebesar Rp 105 ribu/bulan/siswa bagi siswa SMP dan Rp 50 ribu/bulan/siswa bagi siswa SD baik negeri maupun swasta.

Hal itu dikatakan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (21/03/2017). "Sedangkan bagi siswa yang SPP nya diatas Rp 105 ribu bagi siswa SMP akan disubsidi sebesar Rp 105 ribu/bulan/siswa. Sedangkan bagi siswa SD akan disubsidi sebesar Rp 50 ribu/bulan/siswa," katanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, Abduh Surahman, yang didampingi Kabid SMP, Jamaludin, subsidi biaya SPP untuk tingkat SMP mencapai total Rp 66 miliar pada APBD 2017.

Subsidi tersebut diberikan kepada 37.452 siswa SMP swasta sebesar Rp 35,5 miliar. Sedangkan sisanya untuk siswa SMP negeri.

Sementara subsidi SPP untuk siswa SD se Kota Tangerang total Rp 105,1 miliar, yang diberikan kepada 30.214 siswa SD swasta sebesar Rp 18,1 miliar. Sedangkan sisanya diberikan kepada siswa SD negeri.

"Subsidi tersebut akan ditransfer mulai April 2017 ke rekening sekolah-sekolah. Transfer dilakukan pertriwulan dan melalui rekening sekolah bukan melalui rekening siswa atau orangtua siswa," katanya.

Dijelaskannya, pihaknya belum memprediksi jumlah sekolah yang menolak subsidi itu. Dan hal itu hingga kini masih terus disosialisasikan. "Jikapun ada yang menolak kita inginkan dilakukan diawal, sehingga dananya tidak mubazir dan bisa dialihkan ke sekolah lain," paparnya.

Dikatakan Jamaludin, hingga saat ini sudah dilakukan pendataan jumlah SPP di Kota Tangerang hingga mencapai 70 persen dari total sekolah yang ada di kota dengan sebutan Akhlakul Karimah itu. "Nanti akan kita kroscek lagi," jelasnya. (btr)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait