Dukung Poros Maritim, Kota Tangerang Berikan Kemudahan Investasi Kemaritiman

Sekda Kota Tangerang, Dadi Budaeri (kiri) didampingi Staf Ahli Walikota Tangerang, Engkos Kosasih, usai mengikuti Rakornas Kemaritiman.(kan)

HT, TANGERANG - Kota Tangerang siap berkontribusi dalam upaya pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Untuk itu, Pemkot Tangerang bakal memberikan kemudahan investasi bagi investor kemaritiman, perkapalan dan pendukungnya di kota dengan julukan Kota 1001 Industri tersebut.

Sekretaris Daerah (sekda) Kota Tangerang, Dadi Budaeri, mengatakan hal itu selepas mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kemaritiman di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (04/05/2017).

"Meski kita tidak memiliki laut, namun tetap bisa berkontribusi. Dalam hal ini dari sektor industri yang mampu mendukung bidang kemaritiman, perkapalan dan berbagai komponen pendukungnya," ujarnya.

Karena itu, tambahnya, kedepannya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan terus memberikan berbagai  kemudahan kepada para investor untuk berinvestasi. Khususnya dalam sektor industri kemaritiman, perkapalan dan pendukungnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, saat membuka acara Rakornas mengungkapkan, pemerintah selama ini terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia di sektor maritim. Selain itu, pemerintah juga selalu mencari cara untuk membangkitkan kembali potensi kelautan Indonesia. 

"Saat ini, konteksnya bukan perkara yang besar mengalahkan yang kecil. Yang pintar mengalahkan yang bodoh. Tapi yang cepat mengalahkan yang lambat. Langkah hari ini adalah untuk menyinergikan gerak dan langkah seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan tol laut sebagai bagian perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia," tegasnya.

Selanjutnya, Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan. Rakornas hari ini adalah pertama kalinya dilaksanakan setelah Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Setiap daerah mempunyai peran dalam menyukseskan cita-cita tersebut melalui segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya," ucapnya.

Adapun Rakornas turut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, diantaranya Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM, Ignasius Jonan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro serta para kepala daerah. (kan)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait