Tingkatkan Persaudaraan Antara Umat Beragama, Perayaan Sejhit Suhu Thio Thian Su Meriah

Salah satu kegiatan sejhit Suhu Thio Thian Su di Cetya Ardhi Dharma. (net)

HT, Karawaci - Perayaan Sejhit Suhu Thio Thian Su di Cetya Ardhi Dharma, jalan Imam Bonjol, kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Sabtu malam (15/7), berlangsung khusuk dan meriah.

Dalam memperingati hari lahir dewa Suhu Thio Thian Su tersebut, ratusan warga tionghoa melakukan ritual doa atau sembahyang untuk leluhur dan kemakmuran Indonesia serta dijauhkan dari segala marabahaya.

Selain ritual sembahyang kepada dewa, warga dihibur dengan kegiatan kesenian gambang keromong, barongsai dan atraksi lok thung atau kesurupan. Dimana beberapa orang yang mengalami lok thung tidak mengalami kesakitan saat anggota tubuhnya ditusuk dengan benda tajam.

Robby Handaya, penyelenggara menjelaskan jika kegiatan sejhit Suhu Thio Thian Su bertujuan untuk melestarikan seni budaya leluhur, meningkatkan persaudaraan antar umat beragama,ruat bumi untuk  kesejahteraan dan menjauhkan dari bencana serta penggalangan dana untuk pembangunan vihara.

“Meski sedikit berbeda dengan kegiatan tahun lalu, dimana ada kirab budaya. Namun tidak mengurangi makna dan tujuan yang sudah rutin dilakukan di Cetya Ardhi Dharma,” ujar Robby.

Kegiatan yang digelar selama2 hari dari Jumat hingga Sabtu, ini ditutup dengan donasi yang diberikan untuk pembangunan vihara dan pelepasan hewan atau mahluk hidup atau fangsan.(dw)



Comments

There are no comments

Comments are disabled after three months

Berita Terkait