08/12/2017 19:03   Kota Tangerang     adv   aspal membran   jalan sangego   pupr    
     

Metode Peningkatan Jalan Dengan Menggunakan Aspal Membran

Pemkot Tangerang ujicoba aspal membran di koridor Jalan Sangego Selatan, Kota Tangerang, pada akhir 2017 ini

Jalan merupakan urat nadi kelancaran lalu lintas darat. Lancarnya arus jalan akan sangat menunjang perkembangan perekonomian dan sosial suatu daerah. Sehingga pembangunan atau peningkatan sarana dan prasarana transportasi (jalan) akan mempermudah dan mempercepat arus mobilitas barang dan jasa.

Jalan juga berfungsi untuk menghubungkan suatu tempat dengan tempat lainnya. Itulah sebabnya jalan juga merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat disuatu tempat untuk meningkatkan pembangunan diberbagai bidang meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan lain sebagainya.

Hal itu lah yang selalu memotivasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang khususnya Bidang Bina Marga untuk senantiasa melakukan inovasi dalam penyediaan infrastruktur yang memadai di Kota Tangerang. 

Beberapa lokasi ruas jalan yang ada di Kota Tangerang, berdasarkan survei yang dilakukan sepanjang tahun 2017, berpotensi mengalami kerusakan struktur base course. Peningkatan kapasitas struktur jalan harus dilakukan sesegera mungkin, mengingat investasi struktur jalan khususnya jalan beton yang cukup besar. 

Dengan mengantisipasi kerusakan minor pada struktur jalan, diharapkan struktur jalan dapat terhindarkan dari kerusakan struktur yang lebih besar, sehingga mengakibatkan jalan dibongkar total. 

Salah satu solusinya adalah perkerasan jalan dengan menggunakan geosintetik yang disebut Hatelit. Hatelit terbuat dari polyester bermodulus tinggi dan dilapisi dengan bitumen untuk mencapai ikatan yang baik dengan aspal. Satu sisi lainnya memiliki non woven ultra-ringan, juga dilapisi dengan bitumen. 

Non woven ini menyederhanakan instalasi dan memastikan ikatan untuk menerima kekuatan tarik dan mendistribusikannya secara merata di area yang luas. Beberapa keunggulan dari penggunaan HaTelit pada aplikasi jalan raya adalah memperpanjang usia layan aspal dibandingkan dengan tanpa menggunakan geosintetik, mencegah retakan yang timbul dari lapisan bawah aspal bukan disebabkan oleh penurunan tanah dasar (subgrade).

Aspal membran ini telah diujicobakan di koridor jalan Sangego Selatan Kota Tangerang pada akhir 2017 ini. Hasil dari uji coba ini akan segera dievaluasi kelayakan investasi dan keefektifannya. Sehingga diharapkan di Tahun Anggaran 2018 selanjutnya, tipe aspal alternatif ini dapat mengatasi problematika rehabilitasi keretakan pada base course jalan, tanpa membongkar pada perkerasan jalan. (adv)



08/12/2017 19:03   Kota Tangerang     adv   aspal membran   jalan sangego   pupr    
     

Comments

There are no comments

blog comments powered by Disqus

Berita Terkait