Optimalkan Pasar Lingkungan, Pemkot Tangerang Libatkan Ketua RW

Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin saat membuka Sosialisasi Pasar Lingkungan di Gedung MUI kota Tangerang yang diikuti 998 Ketua RW se-Kota Tangerang, Rabu (06/12/2017).

Demi mengoptimalkan keberadaan pasar lingkungan yang bersih, nyaman, aman adan berwawasan lingkungan, Pemkot Tangerang melibatkan seluruh Ketua RW se Kota Tangerang. Sejak 2016 hingga 2017 ini, Pemkot telah dan sedang membangun sebanyak 15 pasar lingkungan dan 1 pasar kecamatan.

"Kita ingin para RW bisa mensosialisasikan kepada masyarakat terkait keberadaan Pasar Lingkungan tersebut," ujar Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin saat membuka Sosialisasi Pasar Lingkungan di Gedung MUI kota Tangerang yang diikuti 998 Ketua RW se-Kota Tangerang, Rabu (06/12/2017).

"Kita ingin RW bisa terlibat dalam mewujudkan pasar yang bersih, indah, nyaman, aman dan berwawasan lingkungan," imbuhnya.

Menurut Sachrudin, Keberadaan Pasar Lingkungan menjadi penting, karena akan membuka peluang bagi masyarakat yang ada disekitar pasar untuk meningkatkan perekonomiannya dengan berdagang. Selain tentunya bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kebutuhan pokok sehari-hari juga semakin mudah.

Sebanyak 5 pasar lingkungan di Kota Tangerang telah dibangun Pemerintah Kota Tangerang pada tahun anggaran 2016, dan pada tahu 2017 ini juga sedang dibangun 10 Pasar Lingkungan Kelurahan dan 1 Pasar Lingkungan Kecamatan.

Keberadaan pasar-pasar lingkungan tersebut tentunya diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi jual-beli kebutuhan pokok sehari-hari. Namun hal itu membutuhkan peran serta masyarakat terutama dari pada RT/RW untuk bisa mengajak warganya mengoptimalkan keberadaan Pasar Lingkungan.

"Ini juga memberikan kesempatan bagi para pedagang kecil yang ada di setiap lingkungan, yang biasanya berjualan berkeliling. Dan tidak tertata menjadi lebih tertata dan nyaman untuk bertransaksi. Dan ini juga diharapkan berdampak pada peningkatan perekonomian warga di tingkat kelurahan dan kecamatan," paparnya.

Sachrudin juga menambahkan, program Pembangunan Pasar Lingkungan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyediakan sarana dan prasarana perdagangan bagi pedagang maupun konsumen.

"Kota Tangerang ada 40 pasar yang tersebar di 13 kecamatan. Tentunya keberadaan pasar-pasar tersebut mempunyai peranan penting dalam rangka mendukung roda perekonomian di Kota Tangerang," tuturnya. (adv)



Comments

There are no comments

blog comments powered by Disqus

Berita Terkait